4 Cara Instal Sistem Operasi

   Perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

    Sistem operasi di install ke bagian tertentu dari harddisk biasanya di sebut partisi disk. Ada banyak metode yang dapat digunakan untuk menginstall OS / Sistem Operasi. Biasanya ditentukan oleh kebutuhan User itu sendiri, Kondisi hardware, dll. Berikut kurang lebih ada 4 metode yang bisa saya tulis :
1.  Instalasi Baru
Instal ulang
Instal Baru

    Biasaya opsi ini di gunakan jika akan dibangun jaringan baru, ataupun akan ditambah perangkat baru pada server / komputer yang tidak support dengan OS yang ada sekarang. Jika pilih opsi ini maka akan dihapus salahsatu partisi yang terpilih untuk di instal OS yang baru. Opsi ini juga memakan waktu yang lumayan lama dan harus teliti jangan sampai salah dalam menghapus partisi.

2. Upgrade 


    Opsi ini banyak digunakan pada sistem-sistem jaringan yang sudah berjalan. Opsi ini dilakukan biasanya karena adanya perbaikan fitur yang ada pada sistem operasi yang digunakan, termasuk juga karena fitur baru yang memang diperlukan. Dengan memilih opsi ini aplikasi yang sudah terinstal sebelumnya kemungkinan akan tetap dapat digunakan setelah upgrade. Opsi upgrade ini hanya akan mengganti file-file sistem operasi sebelumnya dengan yang baru.

3. Multi-Boot

Multi-Boot
    Apabila disyaratkan untuk ada lebih dari satu sistem operasi dalam satu komputer, maka opsi ini dapat dipilih untuk memungkinkan penggunaan lebih dari satu sistem operasi. Nantinya, setiap sistem operasi akan ditempatkan pada partisinya masingmasing. Oleh karena itu, perlu ada persiapan partisi sebelum melakukan instalasi multi-boot ini.

4. Virtualisasi

    Virtualisasi ini merupakan teknik yang memungkinkan instalasi sistem operasi dilakukan diatas sistem operasi yang ada saat ini. Tidak dalam partisi tertentu namun dalam suatu file tertentu. File ini merupakan perwakilan dari suatu sistem komputer virtual. Satu komputer dapat memiliki lebih dari satu komputer virtual. Oleh karena itu, instalasi lebih dari satu sistem operasi juga dimungkinkan dengan teknik ini. Beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk membuat sistem virtual ini adalah VirtualBox, VMWare, dan Virtual PC. 

0 Response to "4 Cara Instal Sistem Operasi"